Rangsang Kepedulian Lingkungan

(Sumber:http://www.kaltimpost.web.id/index.php?mib=berita.detail&id=28541)
BLH Gelar Kuis Lingkungan


BONTANG - Tak mau kalah dengan perhelatan bertema lingkungan yang banyak diadakan di tingkat nasional, Pemkot Bontang melaui Badan Lingkungan Hidup (LH), Kamis (18/6), menggelar berbagai kegiatan yang salah satunya kuis lingkungan hidup dengan tema Your Planet Needs You-Unite to Combat Climate Change (UNEP-2009). Sedangkan di Indonesia tema yang diangkat adalah Bersama Selamatkan Bumi dari Perubahan Iklim.

Ruang Auditorium Pemkot Bontang tempat berlangsungnya acara sempat bergemuruh oleh aksi-aksi seru dari peserta kuis yang tiap regunya terdiri dari 3 orang dari perwakilan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan instansi vertikal seperti perwira dari Detasemen Arhanud Rudal 002 Bontang. Kuis yang digelar selama tiga hari berturut-turut ini menurut rencana akan mencapai puncaknya pada 20 Juni 2009 yang juga ditandai dengan peluncuran buku terbaru Wali Kota Bontang Sofyan Hasdam yang berjudul Perubahan Iklim dan Pemanasan Global yang berlangsung di Gedung Olahraga (GOR) Alamanda PKT.

Sistem kuis diselenggarakan dalam format dua babak, yakni babak penyisihan dan babak final, sedangkan materi yang diberikan adalah seputar masalah lingkungan. Kuis itu sendiri dinilai oleh 3 juri yang terdiri dari Wali Kota Bontang Sofyan Hasdam, Kepala Badan LH Ir Ening Widyastuti, Himawan dari Taman Nasional Kutai (TNK) dan Hamsah dari organisasi lingkungan Bikal.

Sebelum acara kuis dimulai, Wali Kota Bontang Sofyan Hasdam mengungkapkan, pelaksanaan kuis bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran terhadap pentingnya pengelolaan lingkungan hidup serta menghargai arti pentingnya pelestarian lingkungan tanpa harus lalai sehingga terjadi kerusakan alam seperti yang terjadi di daerah lain akhir- akhir ini.

Saat ini, kata wali kota, semua aksi lingkungan hidup selalu dikaitkan dengan perubahan iklim. Mulai dari lingkungan rumah tangga sampai lingkungan yang global dan massal. Sejalan dengan itu, tema hari Lingkungan Hidup 2009 pun mengajak kita dan mengangkat tema bersama selamatkan bumi dari perubahan iklim sehingga dengan begitu akan tumbuh komitmen bersama walaupun di tingkat lokal, untuk bersama-sama menyelamatkan bumi dari perubahan iklim.

“Dengan kuis ini saya harap dapat meningkatkan kesadaran dan merangsang khususnya bagi semua staf di lingkungan Pemkot Bontang dalam menjaga dan mengatasi masalah lingkungan. Aksi nyata kita dalam menjaga lingkungan adalah hal yang sangat penting, mengingat bumi yang kita tempati telah menjadi renta sebelum waktunya akibat ulah manusia,” kata wali kota.

Wali Kota juga menambahkan, pelestarian lingkungan membutuhkan perhatian serius dari semua pihak dan harus dilakukan secara simultan mulai dari pemerintah sampai ke kelompok-kelompok masyarakat.

“Saya bukan ahli lingkungan atau peneliti lingkungan. Saya adalah seorang pemimpin yang akan mewarisi sebuah kota. Oleh karena itu saya punya obsesi untuk tidak mewariskan Bontang dengan kerusakan lingkungan yang mengakibatkan rusaknya pondasi kota. Untuk itulah, marilah kita bersama-sama untuk dapat menjaga kelestarian alam dan lingkungan, sebab dengan lingkungan yang selalu terjaga tentu kita dapat terhindar dari berbagai bencana yang menerpa seperti didaerah lain,” papar Sofyan. (hms4)

0 komentar